Home » » Materi Tes CPNS 2013 Dengan CAT

Materi Tes CPNS 2013 Dengan CAT

Lowongan CPNS 2013 ini akan segera di buka pada Bulan September 2013 ini. Hal ini berdasarkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN-RB) dan juga bersama-sama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN), Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah agar mengembangkan sistem Seleksi CPNS dengan menggunakan Sistem Computer Assisted Test (CAT) untuk 18 instansi pemerintah formasi Tahun Anggaran 2013.

Pada rekrutmen cpns tahun 2013 ini Pemerintah memastikan akan membuka Lowongan CPNS 2013 sebanyak 60.000 formasi. Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Wamen PAN) Eko Prasojo mengatakan seleksi akan dimulai Oktober 2013 mendatang. "Seleksi ini untuk pelamar umum," ujar Eko di Jakarta, Jumat (12/7/2013).

Formasi CPNS tahun 2013 ini bahwasannya sebanyak 29 kementerian dan 36 lembaga akan melakukan seleksi CPNS yang tahun 2013 ini formasinya ditetapkan sebanyak 20.000. Sedangkan pemerintah daerah yang mendapatkan tambahan formasi CPNS 40 ribu dari jalur umum, sebanyak 225, terdiri dari 33 pemerintah provinsi dan 192 kabupaten/kota. Penyerahan tambahan formasi CPNS dilakukan oleh Deputi SDM Aparatur Kementerian PAN RB yaitu bapak Setiawan Wangsaatmaja dalam Rakor CPNS di Jakarta.

Jadwal Penerimaan Pendaftaran CPNS 2013

Jadwal penerimaan pendaftaran tes cpns 2013 bulan september ini telah dijelaskan oleh Asisten Deputi Perencanaan SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN) Arizal setelah pada sebelumnya telah terjadi pengunduran jadwal CPNS 2013 yang tadinya rencana akan diadakan pada Bulan Juni 2013 tetapi mengalami kemunduran karena satu dan lain hal. Salah satu penyebab mundurnya jadwal cpns ini dikarenakan persiapan tes cpns 2013 menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Persiapan menghadapi dan mengerjakan tes dengan CAT (Computer Assisted Test) ini juga harus dilakukan dengan sebaik-baiknya. Dan hal ini juga membutuhkan akan tips kiat lulus ujian CPNS pula. Untuk keperluan ini yaitu persiapan dalam rangka pendaftaran CPNS 2013 ini jelas Arizal, Kemen-PAN akan memanggil seluruh Sekretaris Daerah (Sekda) dan kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) ke Jakarta pada 18 Juli mendatang. Adapun jadwal pelaksanaan tes CPNS dari honorer kategori dua (K2) atau yang pendapatannya tidak diperoleh melalui APBN/APBD, menurut Arizal, tetap dilaksanakan Agustus tahun ini.

"Tes honorer K2-nya yang kita dahulukan baru pelamar umum," terangnya. Menurut Arizal, pelaksanaan tes CPNS 2012 akan menjadi model untuk rekrutmen pegawai baru di seluruh instansi. Kebijakan nasional ini dipilih setelah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyetujui seleksi CPNS 2013 menggunakan model tahun lalu.

Adapun materi tes terdiri atas Tes Kompetensi Dasar (TKD), yang kisi-kisinya terdiri dari tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensi umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP). Sedangkan kisi-kisi materi tes kompetensi bidang, disusun dan ditetapkan masing-masing instansi pembina jabatan fungsional. Dan inilah yang masuk dalam kisi-kisi tes cpns 2013 tersebut.

Pelaksanaan tes ujian cpns akan diadakan secara regional. Hal ini dilakukan karena keterbatasan dalam sistem CAT itu sendiri. Sedangkan untuk ujian cpns pusat akan dibagi dari tiap kementrian maupun lembaga negara yang mengadakan seleksi penerimaan cpns di lembaganya maupun di kementriannya.

Berbeda jauh dengan sistem ujian CPNS sebelumnya, ujian penerimaan CPNS sistem CAT ini dilakukan dengan menggunakan teknologi komputer. Tahap awal karena keterbatasan sarana sistem ini baru bisa diterapkan untuk penerimaan CPNS Kementrian/ Lembaga (Penerimaan CPNS Pusat) juga seperti diberitakan sebelumnya CAT CPNS akan diterapkan beberapa daerah provinsi yang bisa dijangkau termasuk penerimaan CPNS 2013 di Provinsi DKI Jakarta.

Program CAT ini, jelas Eko, nantinya para peserta yang mengikuti test CPNS tersebut menerima soal secara online, kemudian yang bersangkutan langsung menjawabnya pertanyaan-pertanyaan yang ada.

Kemudian secara langsung, jawaban yang diberikan oleh peserta test CPNS tersebut akan langsung masuk ke server atau database pusat dan dikumpulkan disana. Dengan sistem ujian yang menggunakan Computer Assisted Test (CAT) tersebut, setiap peserta tes CPNS akan langsung mengetahui skor atau nilai hasil ujian mereka setelah mereka selesai mengerjakan soal-soal tes tersebut.

“Diharapkan dengan sistem ini akan objektif dan menghilangkan KKN,” kata Eko. Sistem tes seperti ini juga tidak bisa direkayasa sebab sistem komputer yang akan langsung memeriksa jawaban tiap peserta. “Meski tesnya tidak serentak, tapi setiap soal dijamin berbeda antarpeserta. Apalagi kita sudah punya bank soal yang memuat hingga puluhan ribu soal,” ujarnya.

Penerapan sistem CAT, merupakan salah satu target sembilan percepatan reformasi birokrasi untuk bidang SDM aparatur. Ada yang hal yang difokuskan dalam reformasi bidang SDM, yaitu kinerja pegawai, promosi secara terbuka, dan rekrutmen.

SUMBER : tes cpns 2013 dengan sistem CAT .

0 komentar:

Post a Comment

Visitors

Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2014. Taman Berbagi. All Rights Reserved
Simple SEO Theme by CB Blogger Original by Mas Template
Powered by Blogger. Your Link