Tanda Bayi Alergi Susu

Rahasia Lulus CPNS 2014

Tanda Bayi Alergi Susu - Tanda Bayi Anak Alergi Susu Sapi Susu sapi tercatat sebagai protein yang menjadi salah satu pemicu alergi pada anak. Seperti kita ketahui, protein di dalam susu sebenarnya ada dua yaitu kasein dan whey. Kasein yang jumlahnya mencapai 76 – 86% merupakan penyebab alergi terbanyak pada susu. Termasuk juga pada apa yang dialami pada bayi alergi susu sapi dan juga anak alergi susu sapi. Pada anak yang hipersensitif, protein tersebut dapat memicu terbentuknya zat antibodi yang disebut immunoglobulin E (IgE).

Alergi adalah merupakan suatu kumpulan gejala sebagai reaksi imunologi tubuh terhadap suatu zat, baik itu berupa makanan atau pun sesuatu dari lingkungan. Zat yang dapat memicu alergi ini disebut dengan alergen. Itu adalah kurang lebih dari pengertian alergi sahabat. Alergi dapat dipengaruhi oleh faktor genetik. Bila kedua orang tua, atau salah satu orang tua menderita alergi, maka sang anak pun beresiko untuk mengalami hal yang serupa. Banyak juga penyebab anak alergi susu sapi.

Tanda Bayi Anak Alergi Susu Sapi

Alergi susu dalam hal ini anak alergi susu sapi dapat terjadi dikarenakan ketika sistem kekebalan tubuh pada bayi / anak melakukan penilaian yang salah kepada zat-zat yang terkandung dalam susu sapi sehingga menyangka bahwa susu sapi tersebut dapat membahayakan tubuh maka sistem kekebalan tubuh akan melakukan serangkaian aksi dalam melawannya dan biasanya tanda yang kita dapatkan adalah reaksi alergi dan diekspresikan bayi anak akan sering rewel, dan juga gelisah disertai gejala umum alergi lainnya. Bila bayi alergi susu sapi tanda di atas akan terlihat.

Antibodi inilah yang menyebabkan pelepasan histamin, atau yang menimbulkan berbagai reaksi alergi dalam tubuh. Saat anak mengkonsumsi susu sapi, tubuhnya akan terbentuk antibodi. Semakin lama ia mengkonsumsi, semakin tinggi antibodinya. Ketika sudah melewati ambang batas antibodi, maka muncullah alergi.

Gejala tanda alergi susu sapi sangat beragam. Diantaranya tanda alergi susu sapi adalah kulit menjadi kemerahan, gatal, bengkak, dan eksim. Alergi juga dapat mengganggu saluran pencernaan yang hal ini akan mengakibatkan mual, muntah,
diare, dan juga sakit perut. Sementara pada saluran pernafasan, raksi alergi dimanifestasikan berupa tanda batuk pilek berulang, sesak nafas dan juga asma.

Ada beberapa hal yang meningkatkan resiko alergi susu. Faktor resiko anak alergi susu sapi diantaranya adalah :
  1. Riwayat Keluarga. Bila ada keluarga yang menderita alergi terhadao makanan tertentu, maka anak resikonya lebih besar akan terkena alergi susu daripada pada anak yang tidak mempunyai alergi makanan tertentu.
  2. Riwayat Mempunyai Alergi Lainnya. Bila anak mempunyai alergi terhadap susu sapi, biasanya anak akan lebih mudah terkena alergi terhadap lainnya.
  3. Faktor Umur. Alergi susu sapi ini biasanya seringkali menimpa bayi atau anak. Dengan bertambah umurnya maka pencernaan sang anak bertambah baik dan akan semakin kebal dengan hal alergi susu sapi ini.
Dan banyak pula cara atau pun alternatif bila bayi anak mengalami alergi susu sapi ini salah satunya adalah dengan memberikan susu kedelai.

Ad

Artikel Terkait :

0 komentar:

Post a Comment