Doa Ibu Hamil

Rahasia Lulus CPNS 2014

Doa dzikir ibu hamil selama masa kehamilan tentunya akan sangat diperlukan demi untuk kesehatan, keselamatan dari masa kehamilan sampai dengan masa melahirkan buah hatinya nanti pada saatnya. Karena besar manfaat dalam sebuah doa yang kita panjatkan dengan hati yang ikhlas, mengharap ridho Allah dan juga sesuai dengan tuntunan Al-Qur'an dan Hadist Rasulullah SAW. Untuk itulah pentingnya kita mengetahui akan berbagai doa ibu hamil dalam Al-Qur'an dan Hadist yang shahih yang dibawakan oleh Rasulullah SAW.

Sesungguhnya tiada doa dan zikir khusus untuk ibu hamil. Ayat-ayat Quran adalah zikir terbaik untuk dibaca sepanjang kehamilan. Selain itu, zikir pagi petang juga seharusnya dibaca dan jangan ditinggalkan karena kandungannya dan manfaat yang besar buat kita sebagai seorang muslim. Himpunan dzikir dan doa di dalam 'dzikir pagi petang' adalah dari sumber hadis yang sahih.

Doa Ibu Hamil

Masa kehamilan yang dirasakan oleh para ibu hamil bukanlah masa yang mudh untuk dilalui. Butuh pengorbanan dan keikhlasan dalam menjalani masa mengandung selama 9 bulan tersebut yang nantinya diakhiri dengan proses persalinan.

Banyak pula perubahan ibu hamil yang terjadi selama 9 bulan kehamilannya tersebut. Ada rasa takut, khawatir, resah, meski bercampur dengan bahagia karena menanti kelahiran sang buah hati. Terlebih lagi setelah memasuki masa-masa persalinan. Ketegangan dan kekhawatiran tentunya akan semakin bertambah.

Untuk itulah, agama kita banyak memberikan tuntunan Islam bagi para ibu hamil untuk senantiasa berdzikir dan berdoa, agar segala gundah dan resah bisa hilang dan berganti dengan rasa ketenangan dan kebahagiaan.

Allah Ta'ala berfirman yang artinya :"Orang-orang yang beriman, dan hati mereka tenang dengan mengingat Allah. Ingatlah, dengan mengingat Allah maka hati akan menjadi tenang." (QS. Ar-Ra’d 28).

Dianjurkan pula bagi ibu hamil untuk banyak membaca dzikir pagi petang yang telah diajarkan menurut sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Hindarkan untuk para ibu hamil untuk membaca dzikir-dzikir yang tidak jelas riwayatnya, apalagi jika do’a dan dzikir tersebut tidaklah sesuai dengan apa yang telah diajarkan oleh Rosulullah SAW.

Berikut beberapa kumpulan doa untuk ibu hamil yaitu :
  1. Membaca Surat Al-Fatihah. Memiliki keutamaan sebagai ruqyah, untuk mengobati segala penyakit dan kesusahan. Boleh dibaca satu kali, tiga kali, tujuh kali, atau lebih.
  2. Membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Naas. Masing-masing dibaca 3 kali di pagi hari, sore hari, dan menjelang tidur.
  3. Membaca ayat Kursi, yakni ayat 255 pada surat Al-Baqarah. Baik dibaca satu kali di pagi dan sore hari, menjelang tidur, dan saat dzikir setelah shalat fardhu.
  4. Membaca 2 ayat terakhir dari surat Al-Baqarah, yaitu ayat 285 dan 286. Baik dibaca satu kali di sore hari atau menjelang tidur. Membaca ayat ini insya Allah akan menjaga dan melindungi Anda dari segala gangguan.
  5. Membaca 5 ayat pertama dari surat Al-Baqarah.
  6. Banyak membaca kalimat, “Laa haula walaa quwwata illaa billaah” yang artinya, “Tiada daya dan kekuatan melainkan karena pertolongan Allah.”
  7. Memperbanyak istighfar. Yaitu ucapan, “Astaghfirullaah…”
Doa yang banyak dibaca ketika sedang hamil adalah doa :"Robbanaa hab lanaa min azwaajinaa wa dzurriyyatinaa qurrota a’yun" yang artinya adalah : "Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa". (QS. 25:74).

Doa agar mudah melahirkan banyak juga yang bisa kita pelajari dan dihafal agar bantinya proses persalinan dan melahirkannya dipermudah dan ibu dalam keadaan sehat serta sang bayi juga demikian. Lahir dalam keadaan sehat tanpa kekurangan dan kecacatan.

Kepada para ibu hamil, jadikan kesempatan hamil yang sedang ibu jalani untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah dan hindari maksiat semaksimal mungkin. Betapa banyak ibu hamil yang begitu ringan untuk membuka auratnya di depan umum, bahkan bisa jadi lebih parah dari pada sebelum hamil.

Hati-hati, bisa jadi ini menjadi sebab Allah tidak menurunkan keberkahan bagi masa hamil Anda. Anda sedang membutuhkan pertolongan Sang Khaliq, Anda sedang sangat mengharapkan kasih sayang Sang Maha Rahmah. Karena itu, jangan membuat Tuhan anda murka.

Ad

Artikel Terkait :

0 komentar:

Post a Comment