Ciri Masa Puber

Rahasia Lulus CPNS 2014

Ketika kita telah mulai beranjak ke masa remaja ada sebagian kawan-kawan kita yang bertanya-tanya mengenai perubahan baik dari segi fisik maupun dari segi psikologis yang berkaitan dengan bertambah umurnya tersebut. Bagi laki-laki biasanya akan mulai tumbuh rambut di sekitar ketiaknya. Nah pada masa itulah kita telah beranjak dalam masa puber.

Definisi dari puber atau pubertas ini adalah masa ketika seorang anak akan mengalami perubahan fisik, psikis, dan pematangan dari fungsi-fungsi seksual. Masa pubertas dalam kehidupan kita biasanya dimulai saat berumur delapan hingga sepuluh tahun dan berakhir lebih kurang di usia 15 hingga 16 tahun. Itulah yang dimaksud dengan pengertian puber atau pun pengertian pubertas.

Tanda Ciri Puber

Setiap masa perkembangan dalam masing-masing anak tentunya akan berbeda. Termasuk dalam hal masa pubertas remaja ini. Karena hal ini dipengaruhi akan berbagi faktor dan diantaranya yaitu faktor keturunan, produksi hormon, konsumsi makanan, dan penyakit.

Puber pada wanita ketika berusia 8 tahun, tetapi pada umumnya pubertas anak wanita dimulai semenjak usia sekitar 10-11 tahun. Sedangkan pada anak laki-laki pubertas dimulai sekitar umur 11-12 tahun. Usia pubertas laki-laki ini paling awal ditemukan ketika anak laki-laki berusia 9 tahun. Kebanyakan anak perempuan secara fisik matang berkisar umur 14 tahun sedangkan pada anak laki-laki dewasa sekitar umur antara 15-16 tahun.

Tanda ciri pubertas wanita atau perempuan akan dikenali dengan adanya pertumbuhan dan perkembangan payudara, selanjutnya akan mulai tumbuh rambut di daerah sekitar kemaluan. Dan tanda puber yang mudah dikenali pada anak perempuan adalah dengan mulainya sang anak menstruasi dan menstruasi ini biasanya akan terjadi sebagai tanda akhir dari proses pubertas perempuan. Satu lagi yang seringkali menjadi masalah pada pubertas ini adalah dengan timbulnya jerawat.

Ciri puber laki-laki akan dikenali dengan adanya perubahan pada testis dan juga penis menjadi lebih besar untuk pertama kalinya. Selanjutnya akan diikuti dengan tumbuhnya rambut pada sekitar kemaluan serta juga juga ketiak. Suara anak akan menjadi dalam, otot tumbuh dan juga berkembang, jerawat juga mulai bermunculan pada wajah. Dan pada beberapa anak akan bisa mempunyai pola pubertas yang berbeda.

Tanda pubertas anak laki-laki juga seringkali kita kenali ketika sang anak mulai mengalami mimpi basah walaupun sang anak tidak selalu menceritakannya kepada orang tua karena ada juga faktor budaya dan juga malu atau juga "tabu" untuk menceritakannya. Demikian kriteria ciri tanda puber yang bisa kita lihat dari segi fisiknya.

Dari segi perubahan psikologis karena pengaruh puber ini para remaja akan berusaha mencari identitas diri. Dalam usaha mencari identitas diri, remaja sering menentang kemapanan karena dirasa membelenggu kebebasannya. Meskipun cara berpikirnya belum dewasa namun remaja tidak mau dikatakan sebagai anak-anak. Remaja sering melakukan hal coba-coba karena rasa ingin tahu yang sangat besar.

Hal lainnya yang umum ditemui tatkala memasuki masa pubertas ini adalah ketertarikan terhadap lawan jenisnya. Masa remaja adalah masa persiapan menuju dewasa. Wajar bila remaja mempunyai ketertarikan dengan lawan jenis. Namun demikian pernikahan pada usia remaja belum diperbolehkan karena secara mental belum siap. Kehamilan pada usia remaja dapat berpengaruh negatif baik pada diri remaja maupun bayi yang dikandungnya.


Ad

Artikel Terkait :

0 komentar:

Post a Comment