Faktor Penyebab Kerusakan Otak

Kerusakan otak bisa disebabkan oleh karena beberapa faktor. Padahal fungsi otak juga banyak untuk bisa menjalankan keseluruhan fungsi dari tubuh kita ini. Bila kerusakan otak telah terjadi maka akan banyak dampak negatif yang bisa ditimbulkannya. Untuk itulah mengetahui akan beberapa penyebab kerusakan otak akan bisa membuat kita mewaspadai akan hal-hal yang bisa menjadi pemicu terjadinya kerusakan fungsi organ otak itu sendiri.

Otak secara garis besar terbagi menjadi otak besar dan otak kecil. Fungsi otak besar adalah memproses semua kegiatan intelektual, seperti kemampuan berpikir, menalarkan, mengingat, membayangkan, serta merencanakan masa depan. Sedangkan fungsi otak kecil adalah mengatur sikap atau posisi tubuh, mengkontrol keseimbangan, koordinasi otot dan gerakan tubuh.

Otak Kecil juga menyimpan dan melaksanakan serangkaian gerakan otomatis yang dipelajari seperti gerakan mengendarai mobil, gerakan tangan saat menulis, gerakan mengunci pintu dan sebagainya.

Penyebab Kerusakan Otak

Semua orang tentunya telah mengetahui bahwasannya pasti otak adalah merupakan salah satu bagian terpenting dalam organ tubuh manusia yang berguna untuk menyimpan memori, berfikir dan pusat saraf sensorik dan motorik pada organ tubuh anda. Bila terjadi gangguan pada fungsi otak akan banyak hal yang akan bisa terjadi nantinya. Karena segala funsi persyarafan ada disana.

Berikut beberapa hal yang bisa menyebabkan kerusakan pada fungsi otak yaitu
Polusi Udara.
Kita tahu bahwasannya segala jenis racun terdapat dalam polusi udara. Mengingat jaman sekarang yang dimana-mana udara telah terjadi pencemaran yang tinggi, maka hal ini akan bisa menjadi faktor pemicu terjadinya kerusakan pada fungsi syarat dan otak kita. Banyak menghirup udara yang berpolusi tinggi akan bisa menyebabkan penurunan efesiensi otak itu sendiri.

Kurang Istirahat Tidur.
Tidur adalah merupakan salah satu yang menjadi kebutuhan hidup dasar manusia pada umumnya. Otak dalam hal ini membutuhkan istirahat tidur dalam rangka untuk beristirahat dan memulihkan kemampuannya. Bila kurang tidur dalam jangka waktu lama dan berkepanjangan, maka hal ini akan mempercepat penurunan fungsi organ otak.

Kebiasaan Buruk Merokok.
Salah satu dampak negatif merokok bagi kesehatan adalah bahwasannya banyak fakta yang telah membuktikan kalau rokok mempunyai efek buruk pada otak yaitu menyusutnya volume otak secara berlahan-lahan. Apalagi bila yang telah mempunyai kebiasaan merokok dalam jumlah yang banyak dan jangka waktu yang panjang.

Kurangnya Stimulasi Kerja Otak.
Belajar dan berfikir adalah merupakan cara efektif untuk melatih fungsi dan kinerja dari otak kita sendiri. Bila otak tidak banyak mendapat stimulasi untuk bekerja sebagaimana mestinya maka hal ini akan mempercepat proses pengerutan otak kita.

0 Response to "Faktor Penyebab Kerusakan Otak"

Post a Comment